Minggu, 22 Januari 2017

BELAJAR HANGUL PART 1

Anyeong haseyo...
Aku ingin bertanya apa sih impian kalian? Ingin jadi apa jika kalian dewasa nanti? Pertanyaan semacam itu juga terus menghampiriku, dan hingga saat ini pun aku belum memilliki jawaban pasti unutk pertanyaan tersebut. Mungkin karena aku adalah tipe orang yang realistis dan memandang semua hal berdasarkan fakta sehingga aku tidak memiliki mimpi yang muluk-muluk, just let iti flow. Itu adalah moto hidupku dari dulu. Tapi karena sekarang aku sudah mahasiswa dan sudah harus memiliki pandangan ke depan, Aku juga masih bingung tentang pekerjaan apa yang cocok dengan diriku dan studiku. Tapi 1 hal yang tidak pernah berubah sejak aku SMP adalah aku ingin bekerja dan tinggal di Korea Selatan. Aku ingin tinggal di Seoul, berlibur di Jeju dan mengunjungi semua daerah di Korsel karena aku adalah penggemar 1 night 2 days. Dan hal yang dapat mendukung impianku itu salah satunya adalah dengan belajar bahasa korea dan alfabet korea (hangul).
Jadi pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang huruf-huruf hangul dan cara membacanya. semoga tulisan ini dapat membantu saya pada khususnya dan chingu semua untuk meraih impiannya fighting !!!

Hangul (alfabet korea) tidak sesulit yang kita bayangkan hangul memiliki 24 huruf dengan 10 huruf vocal dan 14 huruf konsonan

Berikut 14 huruf konsonan dan cara membacanya :
No
Huruf
Nama
Bunyi Awal
Bunyi Tengah
Bunyi Akhir
1
kiyeok
k/g
g
k
2
nieun
n
n
n
3
tigeut
t/d
d
t
4
rieul
r/l
r/l
l
5
mieum
m
m
m
6
pieup
p/b
b
p
7
siot
s
s
t
8
ieung
ng
9
chieut
ch
j
t
10
ch’ieut
ch
ch
t
11
khieuk
kh
kh
k
12
thieut
th
th
t
13
phieup
ph
ph
p
14
hieut
h
h
t

Berikut 10 huruf vocal dengan cara membacanya :
No
Huruf
Bunyi
1
 
 a
2
 
 ya
3
 
 eo/o
4
 
 yeo
5
 
 o
6
 
 yo
7
 
 u
8
 
 yu
9
 
 eu/u
10
 
 i

Sedikit penjelasan tentang huruf vocal : huruf vocal yang berdiri sendiri selalu didampingi dengan ieung karena huruf vocal tidak bisa berdiri sendiri dan fungisi ienug juga dapat digunakan untuk mengetahui dimana posisi huruf konsonan yang bergandengan dengan huruf vocal tersebut diletakkan.
Dalam penulisannya, huruf hangul dibagi per suku kata dengan rumus
K V ® konsonan vokal
KV
  K  ® konsonan vocal konsonan

KV
KK  ® konsonan vocal konsonan konsonan

Contoh
1.    아니요 dibaca “Aniyo” artinya (Tidak/Bukan).
2.    안녕 dibaca “Annyeong” artinya (Apa kabar?)
3.    누나 dibaca “Nuna” artinya (Kakak perempuan bagi laki-laki)
4.    언니 dibaca “Eonni” artinya (Kakak perempuan bagi perempuan)
5.    이모 dibaca “Imo” artinya (Tante)
6.    사장님 dibaca “Sajangnim” artinya (Pak/Bu Presiden Direktur)

Ini masih part 1. Saya akan mengupload part 2 jika kalian sudah mahir dengan part 1 ini hehe.. di part 2 nanti kita akan membahas tentang huruf konsonan rangkap dan vocal rangkap. Selamat belajar chingu…
Anyeong J J J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar